Sunday, December 25, 2011

Manfaat Chempup

ChemPup adalah sebuah applet dari beberapa software kimia yang bisa digunakan secara gratis. Untuk menggunakannya kita tidak perlu menginstall Linux itu ke komputer kita, cukup run cd live saja dengan memasukkan CD Chempup itu dengan menyeting booting pertama dari CD drive atau Usb drive dari bios komputer kita.

    Software-software kimia yang terbundel dalam chempup itu sesungguhnya bisa saja kita tambahkan ke dalam sistem operasi linux lainnya, dan beberapa juga bisa dipasang (di-install) pada sistem operasi windows. Artinya saya tidak melihat kelebihan yang luar biasa pada Chempup itu. Apalagi kalau kita (di Indonesia)  belum terbiasa dengan linux karena microsoft minded, maka Chempup bukan hal yang user friendly. Tapi itu hanya sekedar pembiasaan saja. Untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas Chempup masih kalah mudah dibandingkan kita menggunakan software kimia yang terinstall pada OS yang kebanyakan orang pakai.


   Dari segi jumlah software yang tersedia jumlahnya juga belum begitu banyak. Bahkan ada aplikasi yang belum siap gunakan dalam edisi kali ini, tapi sudah terpampang ada seperti BK Chem. Menurut penilaian saya Chempup ini sangat cocok jika kelak di Indonesia dilakukan pengetatan penggunaan OS yang harus berlicensi mahal. Itu akan memaksa orang untuk mau menggunakan Chempup sebagai alternatif untuk penggunaan aplikasi kimia yang gratis. Ingat itu adalah alternatif, sebab aplikasi yang dibendal dalam Chempup bisa kita pasang pada OS linux lainnya.
Beberapa software yang terbundel tersebut antara lain:
  • GElement – Tabel periodik dengan banyak informasi pada setiap unsur yang disajikan
  • ChemCalc – link utility web berbasis java utility yang dapat digunakan untuk kepentingan perhitungan berat formula (Mr), analisis CHN, dan distribusi isotop.
  • Nomen – sebuah program untuk membuat struktur 2D dari nama zat kimia kita berikan
  • JChemPaint ­ Pembuat struktur kimia 2D yang berbasis java
  • BKChem – editor struktur zat kimia 2D yang diperluas (baru akan tersedia!)
  • JMol – Penampil (viewer) molekul secara 3D. Applet ini pernah sedikit saya bahas disini.
  • Avogadro – Pembuat melekular 3D yang powerfull, dengan optimasi medan-gaya dan simulasi dinamika molekular
  • ChemTool – Sebuah file spreadsheet yang dibuat secara khusus untuk kalkulator pengkonversi mol dan massa zat
  • Gnotebook – Sebuah file spreadsheet yang dapat digunakan untuk aktivitas laboratorium.
Apapun kelebihan dan kekurangan kita sebagai pengguna tentu senang karena semakin banyak alternatif untuk kita manfaatkan pada proses pembelajaran kimia di kelas atau aktivitas yang mendukung pembelajaran itu sendiri. Berikut adalah beberapa screeashoot yang saya ambil ketika menggunakan chempup








No comments: